Keluarga Hardiman

Memprediksi Jenis Kelamin Bayi

Oleh: hardiman
October 23, 2007

kalender pembuahan cina kuno

kalender pembuahan cina kuno,
originally uploaded by ermanhardiman.

Belakangan, saya sering sekali mengajukan pertanyaan ini pada istri: masih salat hari ini? Maksudnya, apa dia sudah mulai menstruasi lagi? Pertanyaan itu saya ulang setiap hari sejak beberapa hari menjelang jadwal menstruasinya datang. Tepat pada hari H yang seharusnya menjadi jadwal ?si merah? itu hadir, menstruasi itu belum datang juga. Sehari, dua hari, lima hari, masih belum datang juga. Akhirnya, istri mengusulkan membeli alat tes kehamilan. Bila alat tersebut menunjukkan hasil positif hamil, langsung periksa lagi ke dokter untuk lebih memastikannya. Ternyata, dua strip penanda kehamilan itu memang ada. Dokter pun mengatakan, ?ada kesan kehamilan?.

Pertanyaan berikutnya yang datang setelah kepastian hamil itu didapatkan adalah, apa kira-kira jenis kelamin sang jabang bayi itu? Laki-laki apa perempuan? Jawaban pastinya, tentu saja harus menunggu sampai beberapa bulan ke depan ketika janin telah mulai berbentuk bayi dan jenis kelaminnya mulai terlihat. Barangkali, pertanyaan itu pernah pula melintas di benak banyak orang, termasuk anda.

Kebetulan, dalam free magazine Sehati Paper edisi Oktober 2007 yang terbit dan beredar di Bandung, ada rubrik ?Konsultasi SpOG? yang membahas tema tersebut. Dokter Rimonta F.Gunanegara, SpOG yang mengasuh rubrik tersebut memunculkan metode kalender Cina Kuno sebagai salah satu alternatif memprediksi jenis kelamin janin. Caranya mudah sekali, cukup mencocokkan usia sang ibu saat pembuahan dengan bulan saat pembuahan berlangsung. Lewat tabel yang telah tersedia, bisa dilihat prediksi kalender tersebut terhadap janin yang dikandung.

Berdasarkan tabel tersebut, anak kami diprediksikan berjenis kelamin laki-laki. Apakah prediksi itu tepat? Kita tunggu beberapa bulan lagi. Jika memang anda percaya dengan keampuhan kalender Cina Kuno ini, mempersiapkan jenis kelamin calon bayi tentu akan jadi lebih mudah. Ingin anak laki-laki atau perempuan, tinggal atur saat pembuahan dengan usia sang ibu. Mau coba? Kalau gagal, tanggung sendiri ya? :)

Category: Keluarga & Diri | RSS 2.0 | Give a Comment | trackback

136 Komentar

This website uses IntenseDebate comments, but they are not currently loaded because either your browser doesn't support JavaScript, or they didn't load fast enough.

  • orin

    gimana prediksi bayi nya? terbukti gak?

  • orin

    gimana prediksi bayi nya? terbukti gak?

  • Kini anaknya sudah lahir: perempuan. Artinya, tidak sesuai dengan perkiraan. Saya tidak tahu apa saya yang salah menghitung, atau kalender kuno ini kebetulan lagi tidak tepat :). Yang jelas, menstruasi terakhir terjadi September. Apa ini berarti “bulan saat pembuahan” terjadi pada September juga, atau Oktober, saya tidak tahu bagaimana menghitungnya. Ada yang bisa jelaskan?

  • Kini anaknya sudah lahir: perempuan. Artinya, tidak sesuai dengan perkiraan. Saya tidak tahu apa saya yang salah menghitung, atau kalender kuno ini kebetulan lagi tidak tepat :). Yang jelas, menstruasi terakhir terjadi September. Apa ini berarti “bulan saat pembuahan” terjadi pada September juga, atau Oktober, saya tidak tahu bagaimana menghitungnya. Ada yang bisa jelaskan?

  • Dian

    Ampuh euy … terbukti dari kelahiran aku dan 2 adikkyu … plus annakku …

  • Dian

    Ampuh euy … terbukti dari kelahiran aku dan 2 adikkyu … plus annakku …

  • bu'e zams

    klo menstruasi terakhir september, berarti pembuahannya terjadi pada oktober.
    kalau dari hitungan ‘mundur’ yang terjadi pada ‘kejadian’ saya dan saudara2 kandung saya kalender ini bener; juga hitung mundur kelahiran baby zams (anak saya) juga bener..

    jadi tambah semangat mo kasih adik buat zams nii..
    makasi banget ya atas up loadnya :)

  • bu'e zams

    klo menstruasi terakhir september, berarti pembuahannya terjadi pada oktober.
    kalau dari hitungan ‘mundur’ yang terjadi pada ‘kejadian’ saya dan saudara2 kandung saya kalender ini bener; juga hitung mundur kelahiran baby zams (anak saya) juga bener..

    jadi tambah semangat mo kasih adik buat zams nii..
    makasi banget ya atas up loadnya :)

  • terima kasih bu’e zams. kalo pembuahannya oktober, ya berarti benar: perempuan! ampuh. semangat juga nih. :p

  • terima kasih bu’e zams. kalo pembuahannya oktober, ya berarti benar: perempuan! ampuh. semangat juga nih. :p

  • tri

    ambil kalendernya di mana pls bantu dunk
    pingin ngitung juga

  • tri

    ambil kalendernya di mana pls bantu dunk
    pingin ngitung juga

  • to tri: kalendernya kan ada di halaman.. saya ambil gambarnya dari free magazine “Sehati Paper” di Bandung.

  • to tri: kalendernya kan ada di halaman.. saya ambil gambarnya dari free magazine “Sehati Paper” di Bandung.

  • Ida Ayu Oka Rastaswari

    pak hardiman bisa tolong saya dikirimi kalender cinanya, biar bisa ikutan itung jenis kelamin anak saya

  • Ida Ayu Oka Rastaswari

    pak hardiman bisa tolong saya dikirimi kalender cinanya, biar bisa ikutan itung jenis kelamin anak saya

  • to ida ayu dan semuanya: mungkin gambar kalendernya agak sulit diambil dari flickr. jadi saya taruh juga di link ini. Kalo gambarnya sudah keliatan, silakan klik kanan, dan pilih “save picture as” untuk mendownloadnya. Semoga membantu.

  • to ida ayu dan semuanya: mungkin gambar kalendernya agak sulit diambil dari flickr. jadi saya taruh juga di link ini. Kalo gambarnya sudah keliatan, silakan klik kanan, dan pilih “save picture as” untuk mendownloadnya. Semoga membantu.

  • Indah

    pak Hardiman, tq. Sy sdg mgandung skrg…mudah2an cocok ya

  • Indah

    pak Hardiman, tq. Sy sdg mgandung skrg…mudah2an cocok ya

  • selamat ya bu indah. semoga bayinya lahir sehat. cocok ataupun tidak nanti, kasih komentar lagi di sini ya bu…

  • selamat ya bu indah. semoga bayinya lahir sehat. cocok ataupun tidak nanti, kasih komentar lagi di sini ya bu…

  • Widhi

    Pak hardiman, duh saya seneng banget deh. jadi punya harapan baru. anak pertama saya laki – laki. jadi dikehamilan yang kedua ini pengennya perempuan. dan dari tabel tsb, prediksinya female. duh mudah2an ya…..

  • Widhi

    Pak hardiman, duh saya seneng banget deh. jadi punya harapan baru. anak pertama saya laki – laki. jadi dikehamilan yang kedua ini pengennya perempuan. dan dari tabel tsb, prediksinya female. duh mudah2an ya…..

  • Mas, kok kalender yang mas punya beda ya dengan kalender cina yang pernah saya liat?

  • Mas, kok kalender yang mas punya beda ya dengan kalender cina yang pernah saya liat?

    • Mami Pita

      Kalender yg pernah saya liat juga berbeda dgn yg ini…jadi yg bener kalender yg mana ya ?

  • celvin

    Pak Hardiman,
    Mohon bantuan, bila sekarang saya berusia 38 dan masa subur saya adalah tgl. 30 Desember 2008 sampai dengan 6 Januari 2009, maka untuk dapat anak laki-laki pembuahan apakah boleh pada tanggal 30-6 Januari 2009 tersebut ?
    Karena melihat tabel kiri, apakah ketika bulan Januari saya sudah dihitung berusia 39 tahun ?
    Terimakasih atas bantuan bapak.
    Salam

  • celvin

    Pak Hardiman,
    Mohon bantuan, bila sekarang saya berusia 38 dan masa subur saya adalah tgl. 30 Desember 2008 sampai dengan 6 Januari 2009, maka untuk dapat anak laki-laki pembuahan apakah boleh pada tanggal 30-6 Januari 2009 tersebut ?
    Karena melihat tabel kiri, apakah ketika bulan Januari saya sudah dihitung berusia 39 tahun ?
    Terimakasih atas bantuan bapak.
    Salam

  • wah, ngeri juga jawabnya nih. begini deh, saya coba kontak dokter yang buat tulisan ini dulu ya. beliau praktek di bandung. nanti saya tanya, apa beliau bersedia memberikan konsulitasi via e-mail. kalau anda di bandung, mungkin bisa datang ke tempat prakteknya.

  • wah, ngeri juga jawabnya nih. begini deh, saya coba kontak dokter yang buat tulisan ini dulu ya. beliau praktek di bandung. nanti saya tanya, apa beliau bersedia memberikan konsulitasi via e-mail. kalau anda di bandung, mungkin bisa datang ke tempat prakteknya.

  • hardiman

    Wah nama gue sama deh…

  • hardiman

    Wah nama gue sama deh…

  • agusz

    Pak Hardiman,
    Tabelnya berbeda dengan tabel yang jadi pedoman saya.
    Setahu saya, untuk menggunakannya usia ibu harus
    dihitung berdasarkan usia shio dan bulan-bulannya juga harus disesuaikan dengan bulan dalam kalender Imlek.
    Misalnya tanggal 6 Januari 2009 Masehi, menurut kalender Imlek adalah tanggal 11 bulan 12 tahun 2559 Imlek.
    Memang agak merepotkan. Dari jumlah 80 data kelahiran yang saya hitung mundur, saya mendapatkan hasil 75% tepat. Sedangkan dari memprediksi ibu yang hamil, saya mendapatkan hasil yang lebih tinggi, yaitu 90% tepat. Hal ini karena sang ibu masih ingat tanggal menstruasi terakhirnya, jadi bisa lebih tepat di tabel. Tepat ataupun meleset hal itu adalah kehendak Yang Maha Kuasa.
    Untuk ibu Celvin, saya dapat membantu menghitungnya, tetapi saya perlu tanggal kelahiran ibu untuk dikonversikan ke usia menurut shio.
    Salam.

  • agusz

    Pak Hardiman,
    Tabelnya berbeda dengan tabel yang jadi pedoman saya.
    Setahu saya, untuk menggunakannya usia ibu harus
    dihitung berdasarkan usia shio dan bulan-bulannya juga harus disesuaikan dengan bulan dalam kalender Imlek.
    Misalnya tanggal 6 Januari 2009 Masehi, menurut kalender Imlek adalah tanggal 11 bulan 12 tahun 2559 Imlek.
    Memang agak merepotkan. Dari jumlah 80 data kelahiran yang saya hitung mundur, saya mendapatkan hasil 75% tepat. Sedangkan dari memprediksi ibu yang hamil, saya mendapatkan hasil yang lebih tinggi, yaitu 90% tepat. Hal ini karena sang ibu masih ingat tanggal menstruasi terakhirnya, jadi bisa lebih tepat di tabel. Tepat ataupun meleset hal itu adalah kehendak Yang Maha Kuasa.
    Untuk ibu Celvin, saya dapat membantu menghitungnya, tetapi saya perlu tanggal kelahiran ibu untuk dikonversikan ke usia menurut shio.
    Salam.

  • pak agusz, saya mau dong tabel yang bapak punya. terima kasih sudah mau berbagi pengetahuan di sini. bu celvin, semoga tawaran dari pak agusz ini bisa membantu.

  • pak agusz, saya mau dong tabel yang bapak punya. terima kasih sudah mau berbagi pengetahuan di sini. bu celvin, semoga tawaran dari pak agusz ini bisa membantu.

  • agusz

    Pak Hardiman,
    Tabel yang saya miliki berupa fotocopy.
    Bagaimana cara mempostingnya ya?

  • agusz

    Pak Hardiman,
    Tabel yang saya miliki berupa fotocopy.
    Bagaimana cara mempostingnya ya?

  • ning

    dear pak hardiman, mau ikutan nimbrung, kalau saya haid terakhir bulan desember umur 23 (oktober) hitungan pembuahannya desember apa januari ya, saya lihat tabel klu desember anaknya perempuan, januari anaknya laki-laki..jadi penasaran, maklum kehamilan pertama..,makasih ya..

  • ning

    dear pak hardiman, mau ikutan nimbrung, kalau saya haid terakhir bulan desember umur 23 (oktober) hitungan pembuahannya desember apa januari ya, saya lihat tabel klu desember anaknya perempuan, januari anaknya laki-laki..jadi penasaran, maklum kehamilan pertama..,makasih ya..

  • dari pak agusz saya dapat tabel juga. setelah searching, ternyata cukup banyak sumber tentang prediksi kehamilan. pak agusz sendiri berencana membuat blog khusus tentang tema ini. saya juga sedang menyusun tulisan agar kita mudah mencari sendiri kemungkinannya.

  • dari pak agusz saya dapat tabel juga. setelah searching, ternyata cukup banyak sumber tentang prediksi kehamilan. pak agusz sendiri berencana membuat blog khusus tentang tema ini. saya juga sedang menyusun tulisan agar kita mudah mencari sendiri kemungkinannya.

  • agusz

    Pak Hardiman,
    Saya nimbrung lagi ya untuk ibu Ning, berdasarkan tabel Chinese Calendar yang saya miliki (tabelnya berbeda).
    Pertama-tama saya ucapkan selamat kepada ibu Ning untuk kehamilan anak pertamanya. Dari posting ibu, usia 23 (Oktober) pada tahun 2008, berarti ibu lahir pada bulan Oktober 1985 (kalau salah tolong dikoreksi), yang menurut kalender Imlek adalah tahun kerbau. Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) ibu adalah bulan Desember 2008 (tanggal tidak dicantumkan). Untuk wanita yang siklus haidnya teratur 28 hari, maka ovulasi terjadi 14 hari setelah HPHT. Usia ibu pada saat pembuahan, menurut kalender Imlek, adalah 24 tahun. Untuk ibu usia 24 thn dan pembuahan terjadi pada :
    bulan 11 Imlek (28 Nov 08 – 26 Des 08) : anak perempuan
    bulan 12 Imlek (27 Des 08 – 25 Jan 09) : anak perempuan.
    Berdasarkan tabel Chinese Calendar diprediksi anak ibu adalah perempuan.
    Ibu Ning, semoga bayinya lahir dengan sehat.
    Nanti tolong ibu posting lagi ya, apakah prediksi ini cocok atau tidak.
    Salam.

  • agusz

    Pak Hardiman,
    Saya nimbrung lagi ya untuk ibu Ning, berdasarkan tabel Chinese Calendar yang saya miliki (tabelnya berbeda).
    Pertama-tama saya ucapkan selamat kepada ibu Ning untuk kehamilan anak pertamanya. Dari posting ibu, usia 23 (Oktober) pada tahun 2008, berarti ibu lahir pada bulan Oktober 1985 (kalau salah tolong dikoreksi), yang menurut kalender Imlek adalah tahun kerbau. Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) ibu adalah bulan Desember 2008 (tanggal tidak dicantumkan). Untuk wanita yang siklus haidnya teratur 28 hari, maka ovulasi terjadi 14 hari setelah HPHT. Usia ibu pada saat pembuahan, menurut kalender Imlek, adalah 24 tahun. Untuk ibu usia 24 thn dan pembuahan terjadi pada :
    bulan 11 Imlek (28 Nov 08 – 26 Des 08) : anak perempuan
    bulan 12 Imlek (27 Des 08 – 25 Jan 09) : anak perempuan.
    Berdasarkan tabel Chinese Calendar diprediksi anak ibu adalah perempuan.
    Ibu Ning, semoga bayinya lahir dengan sehat.
    Nanti tolong ibu posting lagi ya, apakah prediksi ini cocok atau tidak.
    Salam.

  • terima kasih pak agus. pembuatan blognya sudah sampai mana?

  • terima kasih pak agus. pembuatan blognya sudah sampai mana?

  • mitha

    dear p Hardiman n P Agusz…. saya umur 26 bulan mei 2008… saya terakhir haid 25 des lalu, kmarin di tes trnyata positif… kira2 apa jenis kelamin anak saya nanti ya pak….. terimakasih infonya…

  • mitha

    dear p Hardiman n P Agusz…. saya umur 26 bulan mei 2008… saya terakhir haid 25 des lalu, kmarin di tes trnyata positif… kira2 apa jenis kelamin anak saya nanti ya pak….. terimakasih infonya…

  • rima

    dear p Hadirman n P Agusz, salam kenal dari saya. mohon bantuannya… saya sedang merencanakan anak laki2 kira2 tepatnya bulan apa yah yg tepat untuk pembuahan… saya lahir 01 januari 1981..terima kasih infonya…

  • rima

    dear p Hadirman n P Agusz, salam kenal dari saya. mohon bantuannya… saya sedang merencanakan anak laki2 kira2 tepatnya bulan apa yah yg tepat untuk pembuahan… saya lahir 01 januari 1981..terima kasih infonya…

Leave a Reply


Warning: Parameter 1 to id_generic_callback() expected to be a reference, value given in /home/hardiman/public_html/erman/wp-content/plugins/intensedebate/intensedebate.php on line 911

Warning: Parameter 1 to id_generic_callback() expected to be a reference, value given in /home/hardiman/public_html/erman/wp-content/plugins/intensedebate/intensedebate.php on line 911

Warning: Parameter 1 to id_generic_callback() expected to be a reference, value given in /home/hardiman/public_html/erman/wp-content/plugins/intensedebate/intensedebate.php on line 911

Warning: Parameter 1 to id_generic_callback() expected to be a reference, value given in /home/hardiman/public_html/erman/wp-content/plugins/intensedebate/intensedebate.php on line 911

Warning: Parameter 1 to id_generic_callback() expected to be a reference, value given in /home/hardiman/public_html/erman/wp-content/plugins/intensedebate/intensedebate.php on line 911

Warning: Parameter 1 to id_generic_callback() expected to be a reference, value given in /home/hardiman/public_html/erman/wp-content/plugins/intensedebate/intensedebate.php on line 911